NYINYIR Kelas Menengah Ngehek Soal Becak Anies (Ardi Wirdamulia, PhD)





  Yes  Muslim  -  Tanggapan @awemany (Ardi Wirdamulia, PhD) untuk Kelas Menengah Ngehek yang nyinyir soal kebijakan Becak Gubernur Anies:

~ Kaca mata buram kelas menengah ngehek ini emang ngga mampu membayangkan ada orang-orang yang memang ngga punya sumberdaya apa-apa. Mereka-mereka yang ngga punya apa-apa selain tenaga.

~ Ngomong 'kalo orang udah bisa ke bulan kok ini malah nggenjot becak'. Duh! Saya tahu kalian itu terberkati. Tapi ngga perlu juga merendahkan mereka yang hanya bisa jual tenaga. Dari mulai kuli panggul sampai tukang beca. Mereka juga bagian dari bangsa ini.

~ Dari mobil-mobil mewah, anda bilang betapa tidak manusiawinya mengijinkan becak digenjot. Tapi apa yang sudah kita kerjakan untuk membuat mereka bisa beroleh nafkah? Nyinyir di sosmed doang?

~ Jokowi tahun 2012 adalah figur yang menarik. Anda lihat janji-janjinya (saat jadi calon gubernur DKI 2012 -red). Ada becak di sana. Beliau paham arti penting berempati pada rakyat miskin. Entah kenapa sekarang pendukungnya lupa. Lebih pengen yang miskin digusur.


 
~ Jokowi tidak sempat mewujudkan janji itu. Penggantinya (Ahok -red) kita tahu berpihaknya pada siapa. Dan sekarang Anies Sandi berupaya untuk mewujudkan janji-janji itu. Karena itu memang janji yang penting ditunaikan negara.

~ Pemerintah yang baik akan mencoba untuk mengurangi beban hidup orang miskin. Ada BPJS untuk kesehatan. Ada KIP untuk nasional. Ada BLT. Ada banyak saat ini. Mari kita akui itu sebagai kemajuan.

~ Pak Jokowi dan Pak SBY bisa berbagi kredit untuk kemajuan ini. BPJS itu start di jaman SBY tahun 2011. KIP punya Jokowi adalah penyempurnaan program BSM nya SBY. KIS juga penyempurnaan KPS nya SBY. Ini merupakan bentuk tanggungjawab negara terhadap orang miskin.

~ Pendukung Jokowi harus mulai menyapih diri dari pendukung Ahok. Para kelas menengah ngehek. Karena yang ada di pikiran kelas menengah ngehek itu cuma me, me and me (Saya, saya dan Saya -red) Belajarlah untuk paham kalo masyarakat itu harus berbagi beban. Mau?

~ Again, twit saya jangan juga diartikan kalo miskin artinya peraturan boleh dilanggar. Bisa chaos. Saya mengajak mari kita pikirkan peraturan-peraturan itu. Kita minta kebijakan yang memberikan kesempatan bagi orang-orang miskin. Kasih ruang.

(dari twit @awemany 17-1-2018)

CATATAN: Jangan lupa, 40% tenaga kerja kita pendidikannya SD kebawah, lebih 50% pekerja berstatus informal (PKL, pedagang asongan, PKL, kuli, tukang gorengan, becak dsb). Dengan segala keterbatasan, itu pilihan realistis. Mereka perlu diakomodir, ditata, didukung kebijakan pemerintah yang berpihak pada mereka.

Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Tentang Ayah dan Ibu yang Kian Hari Kian Menua






Oleh: Robi Afrizan Saputra, Mahasiswa Sastra Indonesia Universitas Padjadjaran. Penulis buku “Dewasa, Cinta dan Bahagia”

MASIH ingatkah kita, beberapa tahun yang lalu, ibu dengan segenap tenaga dan perjuangannya mengandung kita? Membawa kita ke mana pun ia pergi dan berada. Sembilan bulan lamanya ia ikhlas dan tabah menjaga kita sang buah hatinya.

Masih ingatkah kita, saat bayi, kita terjaga dan merengek di gelapnya malam, ibu bangun dan ayah pun terjaga. Demi kita, demi si buah hatinya. Ia gendong dan bujuk kita agar diam dan kembali tidur dalam lelapnya malam.

Dan ingatkah kita, saat mulai beranjak sekolah TK, kita merengek dan meminta ingin dibelikan mainan ini dan itu, padahal ayah sedang tak punya uang banyak. Ia rela meminjam dan berusaha demi membelikan mainan yang kita pinta, demi bahagianya sang anak yang dicinta.



http://2.bp.blogspot.com/-b6zDMuoKRl4/VAZpTn7u_OI/AAAAAAAABdk/2H6k2Q46t3A/s1600/Gambar%2BDP%2BBBM%2BKata%2BKata%2BMutiara%2BIbu%2BTercinta%2B4.jpg


Ingatkah kita, saat masuk Sekolah Dasar (SD), ibu antarkan kita hingga pintu kelas. Lalu ia berbisik dan mencium kita, “Nak, sekolah yang rajin agar kelak kau menjadi orang berhasil.” Kita pun mengangguk lugu dan seolah paham dengan makna yang disampaikan ibu.

Lalu ingatkah kita, saat diri ini telah lulus SMA dan melanjutkan kuliah. Betapa banyak biaya yang dibutuhkan untuk itu, betapa berat (sebenarnya) ayah dan ibu melepas kita ke negeri orang, negeri rantau. Namun banyaknya biaya, ayah usahakan mendapatinya. Entah itu meminjam atau lembur di pekerjaannya.

Dan sekarang, saat diri ini mulai mencapai puncak keberhasilan, masih ingatkah kita pengorbanan dan perjuangan kedua orang tua dulunya? Atau kita seolah-olah lupa dan berpura-pura keberhasilan hari ini dicapai karena perjuangan diri sendiri, tanpa sadar bahwa dulu ada peran besar ayah dan ibu yang menyertai kita.

Sejenak, marilah kita merenung tentang perjuangan, tentang ayah dan ibu yang kian hari kian menua.


http://3.bp.blogspot.com/-AGBNTzGynRg/Uw63vYJJwpI/AAAAAAAALMg/pT0h-rdOeK8/s1600/katakatauntukibu2.jpg




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Cerita dan Nasihat Ustadz Arifin Ilham Bakti Orangtua yang Sangat Menyentuh


SubhanAllah walhamdulillah setelah abah wafat, Allahu yarhamhu, kini mama yang menjadi pusat perhatian abang. Kalau mama pulang kampung ke Banjarmasin, setiap hari abang telpon, kadang lebih sekali setiap hari.

Umur mama sudah 68 tahun. Alhamdulillah mama sehat afiyat karena aktif bolak balik dapur. Masakan mama tiada tara lezatnya, karena tangan mama mengeluarkan minyak kasih sayang untuk anak anaknya. Apalagi mama selalu mendampingi anaknya saat makan. Kadang membukakan udang, mengupaskan buah, memisahkan ikan dari tulangnya.

Mama yang mengantarkan abang ta'kala masuk pesantren. MasyaAllah mama sebulan penuh belum pulang dari pesantren menjaga arifin. Mama selalu bangun sholat malam, dulu bersama almarhum abah, mulai 02 00, dilanjutkan tadabburul qur'an, dan sholat dhuha mama amalkan dari remaja.

Mama sangat belas kasih, tidak tegaan melihat orang susah, perhatian pada keluarga jauh sekalipun. Mama membuat abang semangat mencintai Allah dan RasulNya. Abang sangat menyayangi mama, abang teringat peringatan keras Rasuluullah pada anak yang tidak peduli pada orang tuanya, menyianyiakan saat hidup,

“Sungguh terhina, sungguh terhina, sungguh terhina.”

Ada yang bertanya, “Siapa, wahai Rasulullah?”

Beliau bersabda, ”(Sungguh hina) seorang yang mendapati kedua orang tuanya yang masih hidup atau salah satu dari keduanya ketika mereka telah tua, namun justru ia tidak masuk surga” (HR. Muslim no. 2551).

Mama pelipur lara, pelepas duka, doa doa mama sangat abang incar incar, sangat bahagia kalau sudah dalam dekapan mama. Kalau pulang, maka mama dulu yang abang cari, melihat mama, hati tenang, damai. MasyaAllah ternyata abang masih kanak kanak kalau sudah dekat dg mama.

"INGAT SIAPAPUN KAMU SEKARANG, TIDAK AKAN PERNAH ADA DG IZIN ALLAH TANPA IBU YANG MENGANDUNGMU, JANGAN PERNAH MENYAKITINYA, KEKURANGAN BAHKAN KESALAHANNYA SEKALIPUN TIDAK AKAN SEBANDING DG JASANYA KEPADAMU, TUGAS HIDUPMU SETELAH IBADAH KEPADA ALLAH ADALAH MEMBAHAGIAKAN AYAH IBUMU!".

Foto saat abang seusai pulang dari safari da'wah, makasih mamaku sayang, "ulun himung banar amun pian baada parak ulun" (bahasa Banjar).

Allahumma ya Allah, ampunilah dosa dosa kami, dan dosa dosa kedua orang tua kami, sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangi kami waktu kecil...aamiin.

*dari fb K. H. Muhammad Arifin Ilham (Rabu, 26/8/2015)




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

"Buta Huruf dan Aksara Arab di Koin Indonesia"


"Buta Huruf dan Aksara Arab di Koin Indonesia"

Oleh Adkhilni M. Sidqi
(Aparatur Negara pada Kementerian Luar Negeri RI)

Coba perhatikan apa yang menarik dari koin Indonesia 25 sen tahun 1952 yang saya temukan di Damaskus ini?

Bagi saya, koin ini menyibak banyak hal dari masa lalu. Selain karena ukuran dan materialnya sangat mirip dengan koin Rp. 500 “bunga melati” tahun 2003, yang paling menarik dari koin ini adalah penggunaan aksara Arab pada koin Indonesia. Ternyata Indonesia pernah mencetak koin dengan tulisan Arab, yakni 1 sen (1952), 5 sen (1951—1954), 10 sen (1951—1954), dan 25 sen (1952). Setelah itu aksara Arab dalam mata uang Indonesia lenyap dan digantikan seluruhnya dengan huruf latin.

“Mengapa Indonesia menggunakan aksara Arab?” si penjual koin malah bertanya ke saya.

“Hmmm… mungkin karena sebagian besar rakyat Indonesia saat itu lebih familiar dengan tulisan Arab,” jawab saya sekenanya, tapi malah jawaban itu balik menyerang saya dengan lebih banyak pertanyaan dalam kepala.

Sejak lama kita selalu dijejali data bahwa pada masa awal kemerdekaan, tingkat buta huruf di Indonesia mencapai lebih dari 90%! Bayangkan suatu bangsa yang menuntut kemerdekaan padahal hanya kurang dari 10% penduduknya yang bisa baca tulis. Bagaimana bangsa merdeka itu kelak bisa menjalankan pemerintahannya dan mengurus negaranya jika baca tulis saja tidak becus? Tidak heran salah satu perdebatan sengit di BPUPKI adalah bangsa ini belum siap untuk merdeka karena masih bodoh dan belum bisa baca tulis.

Namun tunggu dulu… sebetulnya bangsa Indonesia saat itu “buta huruf” atau buta huruf latin? Bagaimana dengan aksara Arab yang sudah lebih dulu dikenal oleh umat Islam di Indonesia? Atau bagaimana dengan aksara-aksara lokal Nusantara? Apakah mereka juga dijebloskan ke dalam 90% penduduk yang buta huruf itu? Saya teringat almarhumah nenek yang lahir sebelum Indonesia merdeka. Beliau besar di lingkungan pesantren terbata-bata dan berat sekali membaca aksara latin, tapi sangat cepat dan ringan membaca tulisan Arab/Arab Melayu/Pegon. Apakah ia buta huruf?

Didorong oleh rasa penasaran, penemuan koin ini menuntun saya untuk menggali lebih dalam tentang sejarah aksara Arab Melayu/Jawi/Pegon. Sebelum masa kolonial, Arab Melayu/Jawi/Pegon ini luas digunakan sebagai bahasa sastra, bahasa pendidikan, dan bahasa resmi kerajaan se-Nusantara. Beberapa karya sastra ditulis dengan aksara ini, seperti Hikayat Hang Tuah, Hikayat Raja-Raja Pasai, Hikayat Amir Hamzah, Syair “Singapura Terbakar” karya Abdul Kadir Munsyi (1830), juga karya-karya Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari dan tafsir Qur’an karya Kyai Saleh Darat juga ditulis dengan Arab Pegon yang kini sudah banyak dilupakan.

Surat-surat raja Nusantara, stempel kerajaan, dan mata uang pun ditulis dalam aksara Arab Melayu/Jawi ini. Kesultanan Pasai Aceh, Kerajaan Johor dan Malaka, Kesultanan Pattani pada abad 17, secara resmi menggunakan Arab Melayu sebagai aksara kerajaan. Termasuk juga dalam hubungan diplomatik, kerajaan-kerajaan Nusantara menggunakan aksara Arab Melayu untuk membuat perjanjian perjanjian resmi baik dengan Inggris, Portugis, maupun Belanda. Konon, deklarasi kemerdekaan Malaysia 1957 sebagian juga ditulis dalam aksara Arab Melayu.

Akan tetapi, pengaruh kuat dominasi kolonial Belanda lambat laun menggeser kejayaan aksara Arab Melayu/Pegon. Terlebih lagi pada pergantian abad ke-19, media penerbitan secara besar-besaran mencetak huruf latin sebagai media komunikasi massa. Pun juga setelah merdeka, Pemerintah Indonesia lebih memilih untuk melestarikan aksara latin dengan menyebut orang-orang yang sehari-hari menggunakan aksara Arab Melayu atau aksara daerah, tapi tidak bisa membaca huruf latin, sebagai “buta huruf.”

Akhirnya, aksara sebagai rekaan bahasa tidak hanya memberi tanda dan makna, tetapi juga merupakan representasi kekuasaan yang dominan di masyarakat itu. Dan uang koin 25 sen ini merekam ini dengan sangat jelas.

Sumber: arrahmah.com



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Apa BENAR ? Kristen Nusantara Lebih Dulu Ada dari pada Islam Nusantara ?

  Yes  Muslim  - MENANGGAPI wacana peleburan agama dan budaya, Konferensi Wali Gereja Indonesia mengklaim Katolik Nusantara sudah lebih dulu ada ketimbang ide Islam Nusantara.






“Katolik itu sudah lebih dulu menjadi nusantara dibandingkan dengan NU yang mendeklarasikan Islam Nusantara,” ujar Romo Edy Purwanto dalam Halaqah Kebangsaan yang digelar di Gedung PBNU, Kramat Raya, Jakarta, Rabu lalu.

Meskipun begitu, ide Katolik Nusantara tidak jauh berbeda  dengan Islam Nusantara. Keduanya  sama-sama menyatukan konsep agama dan budaya.

“Sejak konsili Vatikan kedua ada yang namanya inkulturasi. Yaitu mengangkat budaya yang ada di masing-masing wilayah untuk kemudian dimaknai dalam terang iman kekatolikan,” ujar Sekretaris Eksekutif KWI ini.

Romo Edy mencontohkan, dulu pada malam satu suro banyak orang Katolik melakukan prosesi cuci keris,  dengan harapan mendapat kekuatan dan menjadi jimat selama setahun kedepan. Lalu dibuat malam satu suro, umat tidak boleh lagi berendam, tidak boleh lagi beli bunga macam-macam tapi umat Katolik diajak pergi ke gereja.

“Bukan untuk njamasi atau mencuci keris, tapi untuk mencuci hati,” 
ujarnya.

Agar hal ini bisa diterima, lanjut Romo Edy, maka kalau orang jawa punya keris kita sebagai orang Katolik juga punya keris, Yaitu ‘Keris-tus’ . “Maka sekarang cucilah dan jamasilah hatimu dengan semangat Kristus itu,” ungkapnya.

Maka sekarang di gereja Katolik malam satu suro dikenal dengan Malam Perayaan Ekaresti.(suandriansyah/Islampos)

Sumber : https://www.islampos.com/kwi-wacana-kristen-nusantara-lebih-dulu-ada-dari-islam-nusantara-208138/ 

https://yurizone.files.wordpress.com/2010/05/gereja-katedral.jpg



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Umat Muslim dan Umat Kristen Harus Menonton Ini! BIAR TAHU !


Muslim dan Kristen Harus Menonton Ini! 



"Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persabahatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata: 

"Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Hal itu disebabkan karena di antara mereka itu terdapat pendeta-pendeta dan rahib-rahib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri." (QS. Al Maidah: 82)




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

‘Jika Kau Terbiasa Melakukan Perkara Yang Haram, Yang Halal Jadi Menjijikkan Bagimu’

  Yes  Muslim  - SEORANG lelaki bertanya kepada syeikh: “Wahai syeikh, aku telah lama menikah dan mempunyai anak-anak, tapi semenjak beberapa tahun ini, aku merasakan aku tidak lagi tertarik kepada isteriku.”

Syeikh balik bertanya: “Apakah isterimu berubah gemuk?”

Lelaki itu menjawab: “Tidak, dia kelihatan sama seperti dulu…”

Syeikh bertanya lagi: “Adakah dia terkena kecelakaan yang menyebabkan dia cacat?”

Si lelaki menjawab: “Tidak, dia masih kelihatan sama seperti dulu.”

Maka sang syeikh bertanya lagi : “Adakah kamu mempunyai kesukaran menundukkan pandanganmu kepada wanita-wanita yang berjalan di hadapanmu? Apakah kamu suka melihat hal-hal yang berbau porno?”

Lelaki itu menjawab jujur : “Ya… Bagaimana Syeikh tahu perkara tersebut?”

Syeikh berpesan: “Jika kamu melakukan perkara HARAM, suka kepada yang haram, tidur makan dan bernafas kepada perkara yang haram,  maka yang HALAL akan MENJADI MENJIJIKAN bagimu.” []







Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Lelaki Inggris, Ratu Elizabeth, Jabat Tangan, dan Jilbab Muslimah

  Yes  Muslim  -  SEORANG lelaki Inggris bertanya: “Kenapa dalam Islam wanita tidak boleh jabat tangan dengan lelaki?”

Syeikh menjawab: “Dapatkah Anda berjabat tangan dengan Ratu Elizabeth?”

Lelaki Inggris itu menjawab: “Oh tentu tidak boleh! Cuma orang-orang tertentu saja yang dapat berjabat tangan dengan Ratu.”

Syeikh tersenyum dan berkata: “Wanita-wanita kami (Kaum muslimin) adalah para ratu, dan ratu tidak boleh berjabat tangan dengan lelaki sembarangan—yang bukan mahramnya.”

Lalu si Inggris bertanya lagi, “Tapi kenapa perempuan Islam menutupi tubuh dan rambut mereka?”

Syeikh tersenyum dan mengeluarkan dua buah coklat. Ia membuka yang pertama, dan membiarkan satunya terus. Dia melemparkan keduanya ke lantai yang kotor.

Syeikh bertanya: “Jika saya meminta Anda untuk mengambil satu coklat, mana yang Anda pilih?”

Si Inggris menjawab: “Yang tertutup…”

Syeikh berkata: “Itulah cara kami memperlakukan dan melihat perempuan kami.”

Si Inggris menjawab: “Wow, Islam is amazing…” []






Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Kisah NYATA : Perjalanan Haji Menabung 40 Tahun, Kisah seperti film "UP" dalam Dunia Nyata



  Yes  Muslim  - MasyaAllah.. ternyata ada kisah seperti film "UP" dalam dunia nyata. Namun yang ini jauh lebih mengharukan dan romantis..

Bila dalam "UP", terkisah sepasang suami istri, Carl Fredrickson dan Ellie yang bermimpi berpetualang sampai ke air terjun niagara dan membangun rumah disana, dan impian itu terwujud saat Ellie telah meninggal.

Kisah nyata ini hadir dari nenek sepuh ini. Nenek yang menggantungkan hidup dari menjual kerajinan anyaman tas ini, bersama suami, dengan segala keterbatasan, telah berazam untuk naik haji bersama sejak mereka masih muda. Mimpi belum terwujud, sang suami dipanggil oleh sang Khaliq. Namun sang nenek terus menghidupkan mimpinya, menabung rupiah demi rupiah. Dan setelah 40 tahun sejak pertama menabung, akhirnya sang nenek berangkat haji tahun ini.

Masya Allah.. semoga dikumpulkan dengan sang kakek di Surga Nya..

Benarlah sebuah ungkapan mengatakan,

"Janganlah menikah hanya karena jatuh cinta, menikahlah karena engkau yakin bersamanya surga Allah terasa lebih dekat."

Semoga kita juga bersegera memenuhi panggilanNya. Semoga Allah mudahkan.

Semoga Allah karuniakan pada kita, pasangan hidup yg kian mendekatkan kita pada Allah..aamiin..

Baarakallahuli walakum.

(Iva Wulandari)

***

Rekaman Video Nenek Rosnah, Agam, Sumatera Barat:





Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Islam itu Satu, Jangan Bertikai Hanya Karena Berbeda Mazhab

  Yes  Muslim  -  Islam itu satu, jangan dibeda-bedakan. Jika ada perkara kita lakukan tak sama, bukan berarti kita beda, selama memiliki dalil shahih.

Contohnya Qunut. Qunut subuh dan bila tidak melakukannya harus sujud sahwi adalah pendapat mazhab Syafi’i.

Subuh tidak perlu berqunut adalah pendapat mazhab Hanafi, pendapat tersebut juga didukung dengan banyak hujjah.





Imam mengeraskan bacaan Basmalah saat Shalat, ataupun tidak mengeraskan bacaan Basmalah juga sama2 didukung hujjah yg kuat.

Adzan 2 kali saat shalat jumat ataupun adzan 1 kali juga sama-sama didukung hujjah yg kuat.

Dan masih banyak masalah fiqh lainnya banyak terjadi perbedaan yg masing-masing memiliki hujjah yg kuat.

Untuk itu tidak perlu kita berselisih faham hanya gara-gara masalah furu’ sedemikian. Ukhuwwah Islamiyyah haruslah menjadi fokus utama.

KH Abdullah Syafi’i pernah mengimami shalat subuh tanpa qunut saat dibelakang beliau bermakmum Buya Hamka yg biasa tak berqunut.

Buya Hamka pernah mengimami shalat subuh dengan qunut saat dibelakang beliau bermakmum KH Abdullah Syafi’i yg biasa berqunut.

Tak pernah KH Abdullah Syafi’i menyebut Buya Hamka sebagai Wahabi. Tak pernah Buya Hamka menyebut KH Abdullah Syafi’i ahlul bid’ah.

KH Rahmat Abdullah murid KH Abdullah Syafi’i, pernah mengajarkan Kitab Tauhid karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahab dalam halaqah-halaqah.

KH Rahmat Abdullah juga mengajarkan Kitab Al-Hikam karya Imam Ibnu Athoillah As-Sakandary yang biasa jadi rujukan para sufi.

Di tanah Betawi yang tak seberapa luas Buya Hamka dan KH Abdullah Syafi’i sama-sama mengembangkan dakwahnya dengan baik tanpa bergesekan.

Mengapa? Karena mereka sama-sama mencari jalan menuju syurga yg luasnya tak berhingga.

Itulah suluk para ulama, mereka betul-betul menghormati ulama lainnya dengan penuh kecintaan walau mungkin diantara mereka ada beberapa perbedaan.

Dan demikian pula seharusnya kita menghormati para ulama dan kelompok-kelompok Islam manapun yg berjuang menegakkan Islam.

Disarikan dari kultwit #IslamSatu @TanpaJIL

Sumber : http://islamedia.id/islam-itu-satu-jangan-bertikai-hanya-karena-berbeda-mazhab/




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

Orang Orang 'Zaman NOW' Yang Mengaku Dirinya Sebagai Tuhan di Bumi

Apakah kamu percaya Tuhan? Tentu saja. Tuhan Yang Maha Esa adalah yang memberikanmu kehidupan di muka Bumi ini. Tak ada seorangpun yang bisa menggambarkan seperti apa bentuk Tuhan yang mereka sembah. Namun mereka hanya perlu meyakini di lubuk hati terdalam.

Lantas bagaimana jika ada seorang manusia yang tiba-tiba mengaku bahwa dirinya adalah Tuhan? Terdengar aneh? Memang. Namun faktanya hal tersebut benar-benar ada dan terjadi di Bumi ini. Dilansir toptenz.net, berikut ini manusia-manusia yang sempat mengakui bahwa mereka adalah Tuhan!

1. Lia Eden


Kamu pasti sangat mengenal sosok perempuan bernama Lia Aminuddin ini. Dia memiliki julukan Lia Eden dan memimpin sekte sesat Kaum Eden yang sempat heboh di Indonesia beberapa tahun silam.

27 Oktober 1995, Lia mengaku jika sang pemimpin rohani yang dia yakini, Habib al-Huda mendatangi dirinya dan mengaku sebagai Jibril untuk membimbing Lia. Masih menurut Lia, dia lalu menjalani ritual penyucian jiwa sampai dia mengakui bahwa Tuhan menyatakan kalau dirinya adalah pasangan Jibril dan sebagai sosok surgawi Tuhan di Bumi. Kamu percaya?

2. Jim Jones



Jim Jones adalah pendiri Kuil Rakyat yang memiliki pusat di San Fransisco dan sangat populer ketika melakukan gerakan bunuh diri besar-besaran di tahun 1978 yang dia lakukan sendiri untuk para umatnya yang malang.

Jim mengakui jika dia adalah reinkarnasi Yesus, Buddha, Vladimir Lenin sampai Bapa Illahi. Mengapa Jim membunuh umatnya yang berjumlah lebih dari 900 orang itu? Rupanya karena dia yakin umatnya itu akan mulus menuju surga. Nah, sekarang pertanyaannya, surga yang mana ya?

3. Warren Jeffs



Warren Jeffs ialah Presiden untuk FLDS (Fundamentalist Church of Jesus Christ of Latter-Day Saints) dan sosok yang mengaku sebagai Tuhan ini telah keluar masuk penjara dalam waktu 10 tahun terakhir.

Hal-hal kriminal yang pernah dia lakukan adalah kejahatan kekerasan seksual. Karena Jeffs dan pengikutnya melakukan hubungan seksual dengan orang di bawah umur. Tak ada yang tahu bagaimana Jeffs bisa membuat pengikutnya yakin jika dia adalah Tuhan dan Presiden Amerika Serikat. Benar-benar cuci otak mengerikan.

4. David Koresh


David Koresh mengklaim dirinya sebagai nabi terakhir. Pada 1993, aksi sekte ini memanas di kawasan Waco, Texas karena dikepung massa akibat dari ajaran tak masuk akal yang diberikan oleh David. Dalam pertempuran dengan FBI itu, David serta pengikutnya yang bernama Ranch Apocalypse ini berakhir miris. Bukannya bertahan sampai kiamat terjadi, mereka yang berjumlah 76 orang justru mati terbakar di dalam gedung. Mengenaskan.

5. Alan John Miller


Alan John Miller adalah pemimpin gerakan Kebenaran Illahi di Australia dan dia menganggap dirinya sebagai Iman Saksi Yehuwa. Berapa lama Alan mengakui bahwa dia adalah Tuhan? Tak lama. Hanya satu minggu, dia meyakini bahwa dirinya adalah reinkarnasi Yesus Kristus.

Alan bahkan mengakui jika istrinya ialah reinkarnasi dari sosok Maria Magdalena. Bagaimana cara Alan menceritakan ajarannya? Kamu perlu mengakses situs resminya. Tuhan yang sangat modern.

6. Vissarion


Jauh di padang gurun Siberia, ada seorang pria tak waras bernama Vissarion yang mengaku bahwa dirinya reinkarnasi Yesus Kristus. Dia lalu mendirikan dan memimpin Gereja Perjanjian Terakhir di Rusia. Tentu saja gerejanya mengajarkan bahwa dia adalah reinkarnasi Tuhan, bahwa manusia harus lebih sering berjalan kaki dan menjadi seorang vegetarian untuk menahan diri dari keburukan lantaran dunia akan kiamat....oh yang benar saja.

7. David Shayler


David Shayler adalah mantan jurnalis sekaligus petugas Intelijen Militer Inggris yang menghabiskan 15 tahun hidupnya secara sia-sia untuk membuat pernyataan omong kosong mengenai berbagai teori konspirasi dunia.

Shayler dengan penuh percaya diri menyatakan bahwa dia adalah Tuhan pada tanggal cantik, 7 Juli 2007 (07-07-07). Setelah menjadi Tuhan, Shayler mengakui bahwa di siap melindungi Inggris dari berbagai teror dengan kemampuannya. Apa ya kemampuan yang dimiliki Shayler?




Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya  @Tahukah.Anda.News

republished by Yes Muslim -  Portal Muslim Terupdate ! 




komentar :


Selengkapnya

YES MUSLIM - Portal Muslim Terupdate !

Sajikan Info Unik, Menarik dan Populer
--------------------------------------------------------------
" Barangsiapa menunjukkan suatu kebaikan, baginya seperti pahala yang melakukannya. "
(HR. Muslim)

SHARE ARTIKEL INI 


Baca Artikel Menarik Lainnya 

Home - Artikel Terbaru - Artikel Populer - Fanpage Facebook - Twitter - Pinterest - Thumbler
Back to Top